Welcome to My Blog.....

Senangnya Bisa Berbagi Kepada Teman-teman Semua.....

Cari Blog Ini

Laman

Jumat, 01 April 2011

Semilir Angin di Muara 5 Sungai






Semilir Angin di Muara 5 Sungai

SEBAGIAN
besar pemukiman penduduk di Kabupaten Mukomuko tersebar di sepanjang pantai pesisir Provinsi Bengkulu. Tak heran jika kabupaten ini kaya dengan obyek wisata bahari. Jika beberapa waktu lalu Tim Radutraveling sempat mengunjungi pantai di Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh, belum lama ini tim kembali menapakkan jejak di Pantai Desa Air Rami.
Tak kalah indahnya dengan Pantai Retak Ilir, wisata bahari di pantai yang juga merupakan muara 5 sungai ini kita akan menemukan kesejukan alami melalui semilir angin dipadu dengan pesona keindahan alam di sekelilingnya. Berbeda dengan lokasi Pantai Retak Ilir, pantai ini lokasinya lebih mudah ditempuh. Sebab wilayahnya cukup dekat dengan pemukiman penduduk dan ibukota kecamatan.
Ditemani salah seorang pemuda pemuda Air Rami, Bastian dan 2 orang warga lain, Japar dan Sapuan, untuk tiba di lokasi wisata ini kita hanya menempuh jarak 300 meter dari jalan lintas Bengkulu-Mukomuko. Hamparan pantai dihiasi butiran pasir menyilaukan serta semilir angin menyejukkan menyambut perjalanan tim belum lama ini.
Setelah beristirahat sejenak, kami langsung menelusuri kawasan pantai yang terbentang lebih kurang sepanjang 2 Km. Selain menawarkan kesejukan lewat anginnya, kawasan wisata ini juga menawarkan keindahan muara. Untuk diketahui, muara di kawasan pantai ini merupakan titik akhir 5 aliran sungai yang ada di Kabupaten Mukomuko.
Tak kalah indahnya dengan muara, di sekiling muara tersebut juga berdiri gagah dataran tinggi. Jika saja pengunjung mendatangi lokasi ini pada saat matahari akan terbenam, keindahan alam ini akan semakin memesona karena kita bisa melihat semburat sinar memerah layaknya sunset. Apalagi, biasanya puluhan perahu tradisional nelayan sudah berjejer rapi di pinggir muara. Hmm.. benar-benar indah.
Sekitar 2 jam menelusuri Pantai Air Rami, kami juga mengunjungi tempat persinggahan yang masih dalam kawasan Desa Air Rami. Kawasan ini sering dikenal dengan sebutan Pantai Agam. Di sini, pengunjung lebih ramai karena Pantai Agam ini berada di pinggir jalan lintas.
Menurut Bastian, keindahan kawasan pantai ini sebenarnya akan lebih indah jika tak dirusak abrasi. "Dulunya kawasan pantai ini ramai dikunjungi. Tapi seiring waktu dan tak terawatnya obyek wisata ini, pengunjung mulai berkurang. Tapi saat hari libur, kawasan ini tetap ramai dikunjungi," ujarnya.

Belum Maksimal
Tak jauh berbeda dengan potensi wisata lainnya, Pantai Air Rami ini juga belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Sehingga keindahan alam ini pun belum bisa menghasilkan PAD lebih bagi daerah. "Pengelolaannya belum maksimal. Sehingga lokasinya tidak tertata. Meski demikian, kawasan ini tetap ramai dikunjungi ketika hari libur," ujar Japar.
Tak hanya kurangnya perhatian dari pemerintah, namun tampaknya warga di sekitar lokasi juga masih setengah hati merawatnya. Idealnya, lanjut Japar, perhatian pemerintah harus didukung dengan kekompakan dan komitmen masyarakat untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.
Sementara menurut Sapuan, jika bicara potensi, kawasan pantai desa ini cukup bisa diandalkan. Sebab pantai di desa mereka ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain bisa menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa merasakan ademnya muara lima sungai. "Muara ini merupakan muara Sungai Air Rami, Puding Mas, Air Gegas, Bedeng Kimoy dan Sungai Sabai Kecil," ungkapnya.
Jika dikelola maksimal, dia yakin wisata ini dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat di sekitar, selain memberikan kontribusi berupa PAD bagi daerah. "Untuk itu kami sangat berharap kepada Pemkab Mukomuko melalui dinas terkait untuk membaca peluang ini. Galakkan lagi penghijauan, biar tidak gersang. Karena potensinya, pantai ini cukup strategis untuk dikembangkan," demikian Sapuan. (Doni Aftarizal - Radar Utara)

1 komentar:

  1. bang follow blog amb jugo bang di www.tulisan-tulisandariku.blogspot.com okay amb lah follow abang,,sesama blogger apo lagi sesama kluarga hahaha, nice blog bro,bencolen is unforgettable...

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.